Minggu, 02 Oktober 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Identitas
Mata Pelajaran    : Pendidikan Agama Islam
Satuan pendidikan    : Sekolah Menengah Pertama
Materi        : Iman kepada Qadha’ dan Qadar
Kelas/Smt        : IX /GENAP
Alokasi waktu    : 1x40 Menit
Pertemuan ke    : 3
Standar Kompetensi:
Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ dan qadar.
Kompetensi Dasar
Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha’ dan qadar.
Menjelaskan hubungan antara qadha’ dan qadar.
Indikator
1.    menjelaskan pengertian beriman kepada qadha’ dan qadar Allah
2.    menyebutkan ciri-ciri seseorang telah beriman kepada qadha’ dan qadar Allah
3.    menyebutkan perilaku yang menunjukan beriman kepada qadha’ dan qadar Allah.
4.    menjelaskan pengertian qadha’ dan qadar Allah.
5.    menjelaskan perbedaan qadha’ dan qadar Allah.
6.    menjelaskan hubungan antara qadha’ dan qadar Allah.
Tujuan Pembelajaran
Dengan menggunakan Strategi Interactive lecturing and Learning siswa dapat menjelaskan Pengertian beriman kepada qadha’ dan qadar dengan benar.
Dengan menggunakan Strategi The Power of two siswa dapat menyebutkan 3 ciri-ciri seseorang telah beriman kepada qadha’ dan qadar Allah dengan benar.
Dengan menggunakan strategi information serach, dipadukan dengan group resume, siswa dapat menjelaskan perbedaan qadha’ dan qadar Allah dengan benar.
Dengan menggunakan strategi information serach, dipadukan dengan group resume, siswa dapat menjelaskan hubungan antara qadha’ dan qadar Allah dengan benar.

Materi
Iman Kepada Qadha’ dan Qadar Allah SWT
7.    Pengertian Beriman Kepada Qadha’ dan Qadar Allah
Iman menurut bahasa artinya percaya atau meyakini sedangkan menurut istilah ialah membenarkan dengan hati, melafadzkan dengan lisan dan mempraktekan dengan perbuatan.
Beriman kepada qadha dan qadar artinya percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menentukan tentang segala sesuatu bagi makhluknya yang ada di muka bumi. 
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  
8.    Ciri-Ciri Seseorang Telah Beriman Kepada Qadha’ dan Qadar Allah
Diantara cirri-ciri orang yang beriman kepada Qadha’ dan Qadar Allah adalah:
Iman dan taqwa kepada Allah Swt semaikn menigkat, karena keberuntungan dan kegagalan dianggapnya sebagai ujian dari Allah SWT.
Jiwanya seimbang, yaitu tidak mudah putus asa karena suatu kegagalan dan tidak pula sombong karena suatu keberuntungan atau kesuksesan.
Sadar bahwa segala sesuatu yang terjadi pada dirinya adalah kehendak Allah, sehingga ia selalu bersyukur atas karunia Allah.
Selalu mengkoreksi dirinya jika terjadi kegagalan dan tidak menyalahkan orang lain apalagi Allah SWT.

9.    Perilaku yang menunjukan beriman kepada qadha’ dan qadar Allah.
banyak bersyukur dan bersabar.
Menjauhkan diri dari sifat sombong dan putus asa.
Memupuk sifat optimis dan giat bekerja.
Merasa senang dengan apa yang ditentukan Allah kepadanya.


10.    Pengertian qadha’ dan qadar Allah.
Secara etimologi atau bahasa, Qadha’ dapat diartikan sebagai pemutusan, perintah, dan pemberitaan. Sedangkan menurut Istilah, Qadha’ ialah hukum yang telah ditetapkan oleh Allah SWT semenjak dahulu kala (pada zaman azali) tentang segala sesuatu yang akan terjadi di dunia dan akhirat.
Sedangkan Qadar menurut bahasa terjadinya suatu ciptaan yang sesuai dengan penetapan (qadha). Menurut istilah, Qadar ialah merencanakan sesuatu yang akan diperbuat dengan perhitungan yang sangat teliti serta mengetahui batas dan hubungannya serta akibat-akibatnya yang akan terjadi kelak yang direncanakan itu terwujud.
Dengan demikian yang dimaksud dengan Qadha’ dan Qadar atau takdir adalah ketentuan atau ketetapan Allah menurut ukuran atau norma tertentu.

11.    Perbedaan qadha’ dan qadar Allah.
Qada dapat diartikan sebagai ketetapan Allah yang telah ditetapkan tetapi tidak kita ketahui, Sedangkan qadar ialah ketetapan Allah yang telah terbukti dan diketahui sudah terjadi.  Dapat pula dikatakan bahwa qada adalah ketentuan atau ketetapan, sedangkan qadar adalah ukuran.

12.    Hubungan antara qadha’ dan qadar Allah.
Pada uraian tentang pengertian qadha dan qadar dijelaskan bahwa antara qadha dan qadar selalu berhubungan erat . Qadha adalah ketentuan, hukum atau rencana Allah sejak zaman azali. Qadar adalah kenyataan dari ketentuan atau hukum Allah. Jadi hubungan antara qadha qadar ibarat rencana dan perbuatan.
Perbuatan Allah berupa qadar-Nya selalu sesuai dengan ketentuan-Nya. Di dalam surat Al-Hijr ayat 21 Allah berfirman, yang artinya sebagai berikut:
Artinya ” Dan tidak sesuatupun melainkan disisi kami-lah khazanahnya; dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran yang tertentu.”
 Orang kadang-kadang menggunakan istilah qadha dan qadar dengan satu istilah, yaitu Qadar atau takdir. Jika ada orang terkena musibah, lalu orang tersebut mengatakan, ”sudah takdir”, maksudnya qadha dan qadar.
Rasulullah SAW bersabda yang artinya sebagai berikut yang artinya
”Sesungguhnya seseorang itu diciptakan dalam perut ibunya selama 40 hari dalam bentuk nuthfah, 40 hari menjadi segumpal darah, 40 hari menjadi segumpal daging, kemudian Allah mengutus malaekat untuk meniupkan ruh ke dalamnya dan menuliskan empat ketentuan, yaitu tentang rezekinya, ajalnya, amal perbuatannya, dan (jalan hidupny) sengsara atau bahagia.” (HR.Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Mas’ud).
Dari hadits di atas dapat kita ketahui bahwa nasib manusia telah ditentukan Allah sejak sebelum ia dilahirkan. Walaupun setiap manusia telah ditentukan nasibnya, tidak berarti bahwa manusia hanya tinggal diam menunggu nasib tanpa berusaha dan ikhtiar. Manusia tetap berkewajiban untuk berusaha, sebab keberhasilan tidak datang dengan sendirinya.
Janganlah sekali-kali menjadikan takdir itu sebagai alasan untuk malas berusaha dan berbuat kejahatan walaupun Allah telah menentukan segala sesuatu, namun manusia tetap berkewajiban untuk berikhtiar. Kita tidak mengetahui apa-apa yang akan terjadi pada diri kita, oleh sebab itu kita harus berikhtiar. Jika ingin pandai, hendaklah belajar dengan tekun. Jika ingin kaya, bekerjalah dengan rajin setelah itu berdo’a. Dengan berdo’a kita kembalikan segala urusan kepada Allah kita kepada Allah SWT. Dengan demikian apapun yang terjadi kita dapat menerimanya dengan ridha dan ikhlas.

Langkah-langkah pembelajaran

KEGIATAN    LANGKAH-LANGKAH    WAKTU      
Awal    1.    Penyiapan kondisi siap belajar
2.    Salam
3.    guru dan siswa membaca Basmalah.
4.    Appersepsi
Bacakan salah satu hadits tentang kebersihan!
Berikan contoh perilaku bersih dalam kehidupan sehari-hari!
5.    guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran.
6.    Tes awal
Jelaskan pengertian iman kepada qadha’ dan qadar!
Beikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada qadha’ dan qadar
Bagaimanakah caranya ber iman kepada qadha’ dan qadar?
7.    motifasi awal    10      
Inti    1.    semua siswa berpasangan dengan teman sebangkunya.
2.    siswa diberikan kesempatan untuk membaca materi tentang iman kepada qadha’ dan qadar.
3.    Siswa merumuskan pengertian iman kepada qadha’ dan qadar setelah membaca literatur.
4.    Siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya untuk memberikan ciri-ciri iman kepada qadha’ dan qadar kemudian menyampaikannya di depan kelas.
5.    Siswa mencari informasi dari literatur untuk
a.    membedakan qadha’ dan qadar
b.    menemukan hubungan diantara keduanya.
6.    Siswa meresume hasil pencariannya.
7.    Guru mengklarifikasikan hasil kartu indeks.
8.    Klarifikasi secara keseluruhan terhadap materi.
9.    Membuka Tanya jawab    50 menit      
Akhir    1.    siswa dan guru menyimpulkan pelajaran.
2.    Evaluasi lisan dan tulisan.
3.    Follow up
4.    guru memberikan motifasi kepada siswa untuk mengulangi pelajaran di rumah.
5.    guru menutup pelajaran dengan membaca Hamdalah.    20   

Strategi dan metode
Strategi: Interactive Lecturing and learning dan the power of two, group resume.
Metode: Tanya jawab
Media dan sumber belajar
Media: LCD dan handout
Sumber:
Muhson, Nurul.2008.Bahan Ajar pendidikan Agama Islam jilid III.KAMI Pontianak Anggota IKAPI.Pontianak
Evaluasi
Prosedur    : Proses dan hasil
Jenis soal    : lisan dan tulisan
Bentuk soal    : Jawaban singkat dan uraian
Soal proses:
jelaskan pengertian beriman kepada qadha dan Qadhar
jawaban: percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menentukan tentang segala sesuatu bagi makhluknya yang ada di muka bumi
soal hasil:
sebutkan 3 ciri orang yang telah berim,an kepada Qadha’ dan qadar!
Jwbn: Iman dan taqwa kepada Allah Swt semaikn menigkat, Jiwanya seimbang, bersyukur atas karunia All
sebutkan 3 perilaku yang menunjukan beriman kepada qadha dan qadar
jwban: banyak bersyukur, Menjauhkan diri dari sifat sombong dan, optimis dan giat bekerja.


Jelaskan perbedaan qadha’ dan qadar Allah.
Qada ketetapan Allah yang telah ditetapkan tetapi tidak kita ketahui, Sedangkan qadar ialah ketetapan Allah yang telah terbukti dan diketahui sudah terjadi.
jelaskan pengertian Qadha dan Qadar
Qadha adalah ketentuan, hukum atau rencana Allah sejak zaman azali. Qadar adalah kenyataan dari ketentuan atau hukum Allah.
Jelaskan  hubungan antara qadha’ dan qadar Allah.
hubungan antara qadha qadar ibarat rencana dan perbuatan, Perbuatan Allah berupa qadar-Nya selalu sesuai dengan ketentuan-Ny


Pontianak,  10 Februari  2011
Mengetahui                        Guru materi pelajaran
Guru pembimbing                         (Mahasiswa)


M. Harun, M.Ag                        Abdur Rosyid
NIP.19670206 199412 1 002                    NIM.1071108756

Tidak ada komentar:

Posting Komentar